Saturday, July 18, 2009

Membuat nama domain yang cocok untuk situs kita

Jika anda ingin membuat web atau blog yang berdomain, tentunya anda harus membuat nama domain yang cocok sesuai pilihan anda sepanjang belum domain terdaftar oleh situs lain sebab kalau sudah terdaftar pasti ditolak waktu mendaftarkan nama domain.

Dalam menentukan nama domain boleh menggunakan nama anda atau lebih bagus lagi jika penggunaan nama domain sesuai dengan penerapan teknik SEO agar cepat terindex dan cepat mendapat pagerank di search engine, semisal isi konten web anda tentang bisnis maka bisa di beri tambahan nama namablog-bisnis.com dalam domain, atau jika blog anda berisi artikel informasi maka bisa di beri nama tambahan domain namablog-info.com misalnya.

Dalam dunia internet nana domain adalah sangat penting. Cara dan kiat memilih nama domain tentu saja bukan perkara yang mudah, selain harus gampang diingat juga harus mencerminkan isi blog atau website.

Jika kita memilih nama untuk bisnis sebaiknya harus benar-benar diperhatikan, sebisanya nama domain tersebut harus berhubungan dengan nama bisnis yang dijalankan, hal ini berbeda jika kita hanya memilih nama domain untuk personal.

Tip memilih nama domain:
- Gunakan nama domain yang singkat dan gampang diingat, jagalah agar nama domain and tidak panjang namun juga tidak terlalu pende
k
contoh: google.com yahoo.com astaga.com gunakan nama domain yang unik, aneh bahkan yang lucu layak dipertimbangkan.

Mungkin saya saya sarankan rekan memilih nama domain dengan extension.com terlebih dahulu, jika sudah digunakan rekan bisa menggunakan alternatif lain .net .org .web.id .co.id dan lain-lain (sebaiknya jangan membeli dengan nama domain yang sama walaupun extension berbeda) hindari pengulangan kata lebih dari 3 kali dalam nama domain, ini akan di anggap spam.


Bila kita punya cukup dana untuk membeli domain, kita di anjurkan memilih top level domain (dot) com terlebih dahulu karena (dot) com lebih populer. Bila tidak ada, kita bisa menggunakan alternatif lain dan sebaiknya gunakan ekstensi nama domain internasional (net | org | info | biz), kerena penggunaan ekstensi nama domain internasional membuat blog maupun situs kita mudah diingat, umumnya nama domain (website/blog) itu adalah (dot) com, jadi jika kita menggunakan .org akan cenderung teransumsi sebagai organisasi, jika dipergunakan untuk berjualan, akan berbeda maknanya.

Namun bila dana kita cukup banyak silahkan beli TLD lain untuk nama domain yang sudah kita gunakan. Tujuannya untuk menjaga kredibilitas usaha kita. Untuk menjaga-jaga pihak lain melakukan upaya kejahatan atau berusaha menjatuhkan usaha kita dengan nama domain mirip.

Contoh: Misalnya kita mempunyai domain.com ada baiknya kita juga membeli
domainkita.net |
domainkita.org |
domainkita.info

Untuk kita yang masih pemula dengan dana terbatas. Silahkan membeli TDL (dot) info karena harga domain ini sangat murah namun tidak kalah dengan TLD lain. http://www.info.info/get/why.

No comments: