Wednesday, July 22, 2009

Khasiat buah Timun untuk kesehatan

Buah mentimun merupakan buah yang mempunyai khasiat yang lumayan khususnya bagi anda yang ingin menjaga kesehatan supaya tetap prima, mentimun merupakan buah tradisional yang dapat di gunakan buat sayuran dapat ditemukan dengan mudah di swalayan maupun pedagang kecil.

Mentimun umum digunakan buat lalap biar makanan tambah nikmat, ternyata diketahui dapat mencegah berbagai penyakit kronis maupun buat maskeran bagi anda yang wanita, bagi anda yang belum mengetahui khasiat buah timun dapat di baca di bawah ini.

Apabila anda menderita sakit tenggorokan yang menyebabkan sulit bicara (batuk) dapat di rawat dengan biji timun. Caranya: sedikit biji timun dicampurkan dengan sedikit garam dan dikumur beberapa kali sehari. Pengobatan ini dipercaya dapat mengembalikan suara yang hilang akibat sakit tersebut.

Penyakit pening-pening yang berkesinambungan sehingga dapat menurunkan berat badan dapat diatasi dengan mengkonsumsi timun mentah atau yang telah di masak. Selain itu, mentimun dapat juga digunakan untuk mengobati penyakit disentri.

Mengkonsumsi mentimtn juga dapat menurunkan berat badan karena mentimun, yang kandungan kalorinya rendah dan kaya akan serat, mampu mengontrol berat badan. Kandungan serat dalam mentimun dapat menurunkan kadar lemak tubuh dan kolesterol serta memberi efek mengenyangkan. Selain itu, mentimun juga mengandung asam malonat yang dapat mencegah gula darah menjadi lemak, sehinha sangat membanv untuk menurunkan berat badan.

Ada kalanya mentimun berasa pahit. Rasa pahit itu berasal dari saponin, memiliki manfaat sebagai anti kanker, menurunkan kolesterol, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Mentimun juga bermanfaat untuk detoksifikasi. Kandungan air yang sangat tinggi (hingga 90 persen), membuat mentimun memiliki efek diuretic (memperlancar buang air kecil), membantu menghilangkan dan menetralkan toksin (racun),
serta membatu menggelontorkan bakteri di sepanjang usus dan dinding kandung kemih. Kandungan air dan mineral kalium dalam mentimun juga mengeluarkan kelebihan asam urat dan sisa metabolisme melalui ginjal.

No comments: